Tips Gula Darah terkontrol untuk meminimalkan Minum Obat

 


Obesitas kerap kali menjadi 'pintu masuk' beragam penyakit, termasuk diabetes. Orang yang memiliki berat badan berlebih lebih berisiko terkena diabetes.


Sementara orang yang sudah menderita diabetes, pertambahan keparahan (komplikasi) akan lebih cepat bila disertai obesitas. Karenanya, kontrol berat badan sangat berperan penting dalam terkontrolnya diabetes.

Bahkan seorang diabetisi yang disiplin melakukan diet penurunan berat badan memungkinkan dirinya untuk terlepas dari obat suatu hari nanti.

Penjelasan ini disampaikan oleh Ahli Endokrinologi Dr. Jay Waddadar, MD, dalam kanal kesehatan Cleveland Clinic.


_“Jika Anda menderita diabetes, Anda bisa mulai dengan satu obat agar pankreas memproduksi cukup insulin. Namun segera dan jauh lebih awal, Anda memerlukan dua atau lebih obat diabetes."_


_"Namun jika Anda menurunkan berat badan, Anda mungkin akan baik-baik saja hanya dengan satu obat atau bahkan berhenti mengkonsumsi obat sama sekali,”_ jelasnya.


Penurunan 5 hingga 10 persen berat badan pun dapat memperbaiki kondisi diabetes tipe 2 secara signifikan. Sebagai gambaran, misalnya jika berat badan Anda 90 kg, maka 5 persen dari berat tersebut adalah 4,5 kg dan 10 persennya adalah 9 kg. Jadi menurunkan berat badan menjadi 81 kg pun sudah mulai berdampak positif terhadap kesehatan.


_“Tujuan pengobatan pertama untuk diabetes adalah mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat disertai dengan pola makan rendah karbohidrat,”_ katanya.


Namun penurunan berat badan mungkin memerlukan _effort_ lebih. Mengubah pola makan dan meningkatkan olahraga untuk menurunkan berat badan dapat menjadi tantangan tersendiri.


Namun kerja keras ini tidak akan sia-sia karena dapat membantu kita menghindari komplikasi serius dari diabetes yang tidak terkontrol seperti penyakit jantung, gagal ginjal, stroke dan kerusakan saraf ( _neuropathy_).


Semoga bermanfaat. Salam sehat holistik.

Medi Wirawan, dr, DFM, MPH - Dokter Konsultan Sehat Holistik

Komentar