RESIKO AKSI SEHAT

 


Tubuh sehat menjadi impian hampir semua orang yg hidup di dunia ini. Sehat raga dan sehat jiwa-pikiran ini sehat holistik yang sempurna.


Sehat raga sangat tergantung dari apa yang masuk ke paru berbentuk gas melalui hidung, apa yang masuk ke mulut berupa minuman cairan dan makanan padat.


Resiko aksi sehat asupan gas  melalui hidung adalah : saat seseorang kecanduan rokok pasti akan menolak untuk berhenti merokok. Berbagai alasan dikemukakan agar tetap bisa merokok. Janji yang paling suka dipakai adalah : _"Baik dok, saya kurangi rokoknya"_. Mengurangi rokok tidak sama dengan berhenti merokok. Untuk menuju tubuh sehat perokok harus mau stop rokok tanpa syarat sesegera mungkin. 

Resiko aksi sehat asupan mulut* ada dua macam : aksi sehat minum cukup tertakar sesuai berat badan pasti akan dimunculkan alasan : _saya males setelah banyak minum sering kencing, saya jadi suka kembung, saya jadi mudah lemes,saya jadi sering kencing malam, ada artikel di media sosial orang tua tidak boleh banyak minum air putih?_ 

*Aksi sehat menu makan seimbang* tinggi serat terlebih dahulu pun juga sering memunculkan alasan : _saya suka lemes bila belum makan nasi, sy suka pusing kalau tidak minum manis dan sy jadi tidak bertenaga kalau tidak makan gorengan_.


Alasan selalu dibuat masuk akal dan sebagai pembenar keinginannya agar terpenuhi. 


Tidak peduli keinginan tersebut baik atau buruk untuk kesehatannya. 

Sehat sejatinya adalah tanggung jawab pribadi, jadi sakitmu saat ini adalah buah dari kesukaanmu yang berlebihan karena lebih mengikuti hawa nafsu semata di masa lalu. Hanya dengan kesadaran yang tinggi didukung keimanan yang kuat saja seseorang mampu mengendalikan hawa nafsunya dengan baik.


Perut buncit tanda tubuhmu sangat berlebihan asupan gula, lemak dan minyak. Dan obat-obatan kimia bukan cara terbaik untuk mengendalikan penyakit. Kendalikan hawa nafsumu agar mampu memilih, memilah dan menakar asupan sehat baik dari hidung, atau mulut. 


Semoga bermanfaat. Salam sehat holistik.

Medi Wirawan, dr, DFM, MPH - Dokter Konsultan Sehat Holistik.

Komentar