Paru-paru Basah


Sebagai tempat pertukaran O2 dan CO2, maka wajar saja jika paru-paru selalu dalam keadaan basah. Jadi apa sebenarnya yang dimaksud dengan paru-paru basah? “Sebenarnya di dunia medis tidak ada istilah paru-paru basah. Kemungkinan yang dimaksud oleh sebagian besar orang adalah effusi pleura,” kata Dr. Faisal Yunus.

Effusi pleura adalah suatu kondisi di mana terjadi penumpukan cairan di rongga pleura –rongga pemisah antara paru-paru dan dinding dada. Dalam jumlah yang normal, cairan ini berfungsi sebagai pelumas saat paru-paru mengembang dan mengempis ketika Anda bernapas. Penumpukan cairan di rongga pleura bisa terjadi karena beberapa hal, misalnya gagal ginjal, gagal jantung, dan kanker.

Di Indonesia,  penyebab effusi pleura terbesar adalah karena tuberkulosis. Para penderita effusi pleura biasanya akan merasakan gejala sesak napas, sering batuk yang disertai dahak, dan rasa nyeri di dada. Jadi, penyebabnya bukanlah karena udara dingin, atau tidur dengan kipas angin yang diarahkan ke tubuh, seperti yang selama ini sering Anda dengar. Udara dingin hanya dapat memengaruhi kondisi kesehatan Anda saat vitalitas tubuh sedang menurun

sumber:http://www.menshealth.co.id/kesehatan/waras/paruparu.basah/004/003/53
-------------------------------------------

silakan terapi dengan memadukan herbal :
Spiruna, gamafit, Assyifa (Nurusy Syifa)

Komentar